Welcome to My Blog!

Blogger Amatir Yang Semoga Membawa Manfaat
Find Me On

[Video] 'Bilal' Robot Pintar Pengajar Shalat



By  AFUADSA | Coretan Fuad     10:01    Label:,, 
'Bilal' Robot Pintar Pengajar Shalat
Di zaman yang sudah serba modern ini ternyata tak membuat segala hal menjadi bisa dikerjakan, salah satunya mungkin dalam keluarga, Orang tua terkadang luput memperhatikan perkembangan Anaknya dalam bidang Keagamaan, padahal perihal spiritual adalah vital. Salah satunya seringkali sebagian Orangtua luput mengajarkan Shalat pada Anaknya.

Bergegas dari itu, Perusahaan Connecticut As-Siraat Enterprises (ASE) Membuat Robot pintar bernama 'Bilal' yang dapat mengajarkan atau melakukan gerakan-gerakan Shalat dan kata-kata dalam bahasa Inggris dan Arab kepada Anak-anak.

"Perhatian terbesar Orangtua Muslim di seluruh dunia adalah memberikan pendidikan, latihan, dan antusiasme agama yang cukup untuk anak-anak mereka." Demikian kutipan dari bilalrobot.com, senin 23 Maret 2015.

ASE juga beranggapan bahwa pengajaran tradisional tak lagi menarik minat anak-anak, Di zaman modern seperti sekarang ini, sedikit mungkin yang masih minat dengan metode itu. Untuk menghadirkan hal baru, "Bilal hadir untuk memastikan anak-anak tertarik dan terhibur, sekaligus terdidik secara religi," kata mereka.


Robot ini memang unik dengan kemampuannya yang bisa memperagakan gerakan shalat, mulai dari takbiratul ihram, ruku', sujud dan tasyahud. Juga mampu mengajar matematika, alfabet, frasa dan bahasa Arab. Sungguh menjadi gebrakan yang kreatif memang, mengingat saat ini banyak teknologi-teknologi canggih yang mengalihkan perhatian anak-anak ke dunia hiburan belaka daripada sisi pendidikannya.

Proyek ini dimotori langsung oleh ASE, Nimer Mohammad Ead. Untuk mewujudkan Robot Bilal ini, ASE membutuhkan dana yang tak kecil, berdasarkan pantauan, hingga kini proyek tersebut telah mengantongi dana sekitar 814 Dollar AS atau setara dengan Rp. 10 juta. Angka ini masih terpaut jauh dari target yang dipatok  sebesar 560.000 Dollar AS setara dengan Rp. 7 Milyar.

Menurut kabar, untuk sementara ini robot Bilal baru bisa dipesan di Amerika Serikat. Belum ada kabar yang jelas kapan Robot ini akan berekspansi ke pasar yang lebih luas.


Sumber : KickStarter, tekno.kompas, dream.
Editor : Fuad Almusawa

About AFUADSA | Coretan Fuad

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di Blog saya, semoga bermanfa'at. Jangan lupa Komentarnya ok.. Jangan lupa juga Kirimkan Kritik dan saran ke Kontak person. Salam silaturahmi

No comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar..


Mau Widget Ini? Klik Disini

My Little Gallery